Menjaga Database Perusahaan dengan Manajemen Akses & Identitas JumpCloud
Manajemen akses dan identitas seharusnya menjadi fungsi terpenting yang dimiliki setiap perusahaan. Fungsi ini membantu memastikan bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki akses ke database perusahaan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.
Dengan kultur kerja yang semakin mendukung hybrid, mendapatkan manajemen akses dan identitas yang tepat menjadi prioritas untuk menjaga tim dan aset digital seperti database perusahaan yang diakses tetap aman.
Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang apa itu manajemen akses dan identitas serta bagaimana cara mengimplementasikannya ke perusahaan Anda untuk melindungi database perusahaan.
Mengenal manajemen akses dan identitas
Sederhananya, manajemen akses dan identitas adalah disiplin keamanan yang memungkinkan individu yang tepat untuk mengakses sumber daya yang tepat pada waktu yang tepat dan untuk alasan yang tepat.
Dengan kata lain, fungsi ini adalah kategori solusi IT yang mengelola dan menghubungkan pengguna dengan aman ke sumber daya IT seperti perangkat, aplikasi, file, jaringan, dan database perusahaan lainnya menggunakan profil pengguna yang unik, yang disebut identitas.
Identitas dapat dikonfigurasi untuk setiap pengguna yang unik, memberi mereka akses terkendali ke hal-hal seperti WiFi dan server perusahaan, sekaligus membatasi akses untuk aset digital yang tidak mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan mereka.
Untuk mendapatkan manajemen akses dan identitas yang menyimpan dan menyatukan identitas pengguna ke berbagai sumber daya dibutuhkan platform layanan direktori inti.
Sumber daya tersebut juga melihat ke basis data layanan direktori inti, yang disebut penyedia identitas atau identity providers (IdP), sebagai satu-satunya sumber kebenaran (source of truth) untuk mengautentikasi dan mengotorisasi akses pengguna.
IdP menyederhanakan proses manajemen akses dengan memberi tim IT layanan terpadu untuk manajemen pengguna dan perangkat.
Seberapa penting manajemen akses dan identitas untuk perusahaan Anda?
Dengan tempat kerja hybrid dan karyawan jarak jauh menjadi norma, tidak memiliki strategi manajemen akses dan identitas dapat menjadi boomerang bagi perusahaan Anda.
Dengan kompromi identitas sebagai penyebab utama pelanggaran data, manajemen akses dan identitas merupakan alat keamanan nomor satu. Lingkungan jarak jauh telah memaksa strategi IT perusahaan secara keseluruhan untuk beralih dari network-based ke people-based.
Platform manajemen akses dan identitas cloud holistik mencakup layanan direktori dan kemampuan single sign-on yang menghubungkan pengguna ke sumber daya IT mereka melalui prinsip Zero Trust, sekaligus memberi IT kontrol signifikan atas identitas.
Platform modern ini memberi pengguna satu identitas untuk diingat dan digunakan, sekaligus memberi admin IT tingkat kontrol dan sentralisasi tertinggi untuk mengakses database perusahaan.
Baca juga: Wujudkan Sistem Keamanan Informasi yang Tangguh dengan 5 Strategi Ini!
Langkah untuk mengimplementasikan manajemen akses dan identitas di perusahaan Anda
1. Mulai dengan layanan direktori
Gunakan sistem “direktori layanan” atau directory services untuk mengatur siapa saja yang bisa mengakses aplikasi dan data.
Sistem ini menyimpan informasi identitas karyawan dan memastikan hanya orang yang tepat yang bisa mengakses data kapan saja.
Adanya sistem ini membantu keamanan database perusahaan dan memastikan perusahaan mematuhi aturan, yang menjadikan sistem ini sebagai dasar dari bagaimana perusahaan mengelola akses dan identitas digital.
2. Meningkatkan fungsionalitas menggunakan ekstensi direktori
Jika sistem pengaturan akses Anda (direktori layanan) sudah lama dan tidak bisa terhubung dengan semua aplikasi yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan ekstensi direktori untuk menambah kemampuannya.
Namun, ada solusi yang lebih modern yang menawarkan cara yang lebih mudah dan efisien untuk mengatur akses tanpa perlu ekstensi tambahan.
Direktori cloud sangat berguna untuk mengelola akses ke perangkat dan aplikasi.
3. Berikan tingkat akses yang tepat dengan Privileged Access Management (PAM)
Perusahaan memiliki banyak perangkat dan aplikasi penting. Direktori layanan mengatur siapa yang bisa masuk ke sistem, sedangkan privileged access management (PAM) mengatur apa saja yang bisa mereka lakukan setelah masuk.
Misalnya, dua orang bisa masuk ke sistem keuangan. Namun yang satu hanya bisa melihat gajinya, sementara yang lain bisa mengelola keuangan.
Dikarenakan banyaknya sistem penting dipindahkan ke cloud, PAM menjadi sangat penting untuk menjaga keamanan database perusahaan dan aplikasi perusahaan.
4. Memperlancar akses ke aplikasi web dengan Single Sign-on (SSO)
Setelah perusahaan mengatur sistem dasar akses, Anda dapat menambahkan single sign-on (SSO). SSO memungkinkan pengguna untuk masuk ke banyak aplikasi hanya dengan satu nama pengguna dan kata sandi.
Hal ini memudahkan pengguna dan mengurangi beban kerja tim IT karena tidak perlu mengelola banyak akun. SSO juga meningkatkan keamanan karena pengguna tidak perlu mengingat banyak kata sandi yang berbeda.
5. Memperkuat proses login dengan multi-factor authentication (MFA)
Diperlukan multi-factor authentication (MFA) untuk membuat login benar-benar aman. MFA meminta lebih dari sekedar nama pengguna dan kata sandi, seperti kode dari ponsel atau sidik jari. Hal ini mempersulit orang lain untuk masuk, bahkan jika mereka tahu kata sandi Anda.
MFA sangat penting karena sulit ditembus dan mudah digunakan, terutama dengan teknologi yang memungkinkan kita menyetujui login hanya dengan mengetuk layar ponsel.
Baca juga: Waspada Virus Ransomware dan Phishing! Begini Cara Lindungi Bisnis Anda
JumpCloud Directory Platform: Solusi manajemen akses & identitas terpusat untuk database perusahaan
Budaya kerja hybrid dan remote membuat perusahaan membutuhkan sistem yang lebih modern untuk mengatur akses ke aplikasi dan database perusahaan.
Cloud directory platform seperti JumpCloud adalah solusi yang menggabungkan semua kebutuhan manajemen akses dan identitas ke dalam satu sistem berbasis cloud.
Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur siapa saja yang dapat mengakses apa saja, dari mana saja, dan dengan perangkat apa saja. Fungsi ini seperti memiliki pusat kontrol yang terpusat untuk semua akses digital.
Beralih ke JumpCloud untuk transformasikan manajemen identitas dan akses yang aman dan efisien untuk hadapi tantangan bisnis di masa depan. Hubungi tim profesional PointStar untuk memandu perusahaan Anda menuju keamanan data yang lebih baik!